Manakah Susu Formula Terbaik

Menentukan susu formula apa yang akan diberikan kepada bayi ternyata bukanlah perkara mudah. Dulu saya pikir adalah sangat mudah menentukan susu formula apa yang akan saya berikan pada bayi saya. Tinggal memilih dari sekian banyak merek susu formula. Atau supaya lebih gampang, saya akan beli yang paling mahal karena pastilah itu yang terbaik. But finally i found that it’s not that easy.

Dari pengalaman beberapa teman yang kebetulan lebih dulu (harus) memberikan sufor kepada bayinya akhirnya saya tahu bahwa beberapa bayi akan bereaksi tertentu setelah mengkonsumsi susu formula. Bayi teman saya misalnya setelah mengkonsumsi susu formula produksi W yang terkenal mahal itu, pupnya jadi cair dan bisa BAB beberapa kali dalam sehari. Padahal sebelumnya BAB nya teratur dan karena memang sudah makan (usia 8 bulan) pupnya selalu padat. Atas saran dokter kemudian teman saya mengganti susunya sampai beberapa kali hingga akhirnya menemukan yang cocok.

Teman yang lain, mencoba memberikan susu yang katanya tanpa gula tambahan – yang harganya juga mahal, tapi ternyata menyebabkan bayinya sembelit.

susuformula

Doooh…saya semakin bingung susu formula apa yang akan saya berikan pada Java, jika ASI saya tidak mencukupi nanti.

Setelah browing sana-sini, dan berdasarkan pengalaman dari teman-teman dan saudara akhirnya saya memilih produk Morinaga. Dari beberapa teman yang sudah memilih sufor produk Morinaga, belum ada yang mengeluh efek negatifnya. Artinya, produk Morinaga cocok dengan bayi-bayi mereka.

Karena usia Java sudah 9m+ saya pun membeli Chil Mil reguler. Saya tidak pilih yang platinum karena perbedaannya hanya pada suatu zat yang katanya bisa bikin pintar. Saya pikir, yang reguler saja sudah cukup buat Java.

Tapi apakah masalah sudah selesai sampai disitu? Selain mempertimbangkan cocok tidaknya sufor untuk bayi, ternyata kita juga harus tahu apakah bayi doyan atau tidak?

Nah, ini yang jadi masalah. Karena sudah sekian lama hanya meminum ASI, ternyata Java tidak suka dengan Chil-Mil. Java hanya mau minum kalau dia sedang ngantuk berat. Kalau sedang “sadar” Java tidak akan meminumnya. Dohhh..setres lah emaknya. Chil Mil sudah cocok, tidak ada efek negatif yang timbul setelah Java meminumnya. Tapi Java nggak doyan :(

Mau ganti merek yang lain saya agak khawatir kalau nantinya tidak cocok, dan setelah berdiskusi dengan suami akhirnya saya coba memberi Chil Mil Platinum. Dengan pertimbangan sama-sama dari pabrik yang sama, kemungkinan besar akan cocok dengan Java. Java pun ganti sufor, dannnn…dia doyan saudara-saudaraaa. Dohh nak…kok doyannya susu yang mahal sik? Mama ngga bisa blanja blanji onlen lagi niy :P

Walaupun sudah cocok dengan sufornya, Java masih tetap konsumsi ASIP. Saya masih akan terus memerah sampai tetes terakhir. So far dalam sehari Java hanya minum satu atau dua kali sufor.

Jadi akhirnya saya tahu, bahwa susu formula terbaik adalah susu formula yang cocok dengan bayi, yang bayi suka dan yang cocok dengan kantong emak bapaknya. Merek tidak menjamin cocok atau tidak, saudara-saudara :)

PS. sssttt..ini bukan iklan lho :D

7 thoughts on “Manakah Susu Formula Terbaik

  1. Bundanya Maxy Puthayadi December 11, 2012 / 8:34 am

    Saat awal memberi sufor saya juga agak-agak takut gitu Mbak. Apalagi ketika pertama kali diberi sufor, Maxy perutnya keras karena kembung.

    Saya sampai nangis-nangis bilang ke ayahnya supaya stop sufornya. Saya juga heran, anak orang lain dikasi sufor baik-baik saja, bahkan itu juga kadang asal bikin saja. Sementara saya kok rasanya ribet banget ya. Mastiin tangan dan dot benar-benar bersih. Sebelum memutuskan pakai sufor pun mesti konsul dokter dulu. Padahal yang lain langsung dijejalin ajah huhuhuhu. Yah, ini karena ketakutan saya saja. Mungkin juga karena pengaruh kampanye ASIX jadi tersugesti kalau sufor gak baik buat anak hehe.

    Ternyata setelah Maxy sendawa alhamdulillah perutnya kembali normal. Tidak ada penolakan, diare, maupun alergi.

    Oh ya, saya memilih susu PreNan karena Maxy BBLR. Sudah usia mau 3 bulan tapi beratnya belum mencapai 3 kg. Alhamdulillah cocok dan beratnya sudah naik sekarang.

    Kalau menurut dr. Yoga, nutrician, dokter yang memeriksa Maxy, sebenarnya sufor apapun sama saja. Tidak ada hierarki, baik yang mahal ataupun murah. Tapi kalau ada alergi dan diare segera ganti dengan merk Pregistimil.

  2. gamis cantik February 23, 2013 / 11:10 pm

    betul, kedua anak saya malah tidak minum susu formula karena tidak mau, jadi nya sih kecil-kecil tapi yang penting sehat

  3. Zizy Damanik September 1, 2013 / 11:39 pm

    Pilih susu formula sebagai makanan tambahan saat anak sudah masuk usia MPASI memang susah-susah gampang ya. Harus cari yang anak suka dan memang iya, harus cocok dengan pencernaannya. Kalau tidak dia bisa mencret atau sebaliknya susah BAB.

  4. naiya September 25, 2013 / 10:58 pm

    Kalo saya malah bukan sulap bukan sihir dolo sblm saya sapih si kecil sama skali Ԍªƙ doyan sufor ,krna mikir sbntr lg g bs ngasih ASI sya cb dikit sedikit dr Merk BBLC smpai yg engrw,ϑäπ merk dncw tryta smua itu g da yg ngena di hati si kecil,BABnya sllu bermasalah, tp pas ikut belanja si kecil lari ke etalase susu ϑäπ senang bgt liat gmbr chila+chilo bkn bunda Чǝлб milih tp si kecilku skrg ud 1th lbih sjk Ԍªƙ mnum ASI si kecilku mnum susu MORINAGA chil-kid ϑäπ si kecilku jatuh hati ,sbntr lg Beralih ke Chil-SchooL,gpp lah mahal dikit Чǝлб pntg terbaik untuk buah hati, ;)

  5. Niqma, November 7, 2013 / 2:20 pm

    Betul sekali,,,,bayi itu sm sj org dewasa kalo ngga enak mana bs turunlah makanannya,,jd berilah ǟª yg dia suka,,kan kalo hatinya senang bayinya jg sehat

  6. Ahmed Tsar December 19, 2014 / 11:08 am

    Salam

    Alinea terakhir itu bisa berarti, memberika susu formula hanya sebagai alternatif saja ya kalau ibunya sedang sibuk?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s